Home free page profile follow

disclaimer
Hello, i'm Hana. I do love arts and editing coz they're my daily meal. Also a fan-movie and novel and cheese maniac.

Chat!




Arigatou
Template was made by Miichiko. Thanks to Pixel-diary for the cute pixels and icons.


Sabtu, 16 November 2013 | 0 comments

Antara Novel 5 cm dan 5 cm The Movie

Gara-gara Aku Bukan Aku KALAU LAGI klik !!!
Akhirnya menuntun aku buat nulis cerita tentang salah satu film Indonesia yang baru mau akan liris di tanggal yang cantik 12.12.12 a.k.a 12 Desember 2012. Diangkat dari sebuah novel best seller karya Donny Dhirgantoro yang judulnya padat singkat tapi sangat bermakna "5cm". Ini aku intipin Novel yang fenomenal itu (p.s. foto ini diambil saat aku pinjem novelnya kakaknya @oeliokki dan cetakan sebelum mau di buat film),


photo by Risnadianti



Jujur saja awal buku ini terbit dan di panjang di toko buku, aku gak tertarik sama sekali, sama sekali !!! Karena, pertama bukunya tebal dan aku gak tau gaya bahasanya. Hanya saja cover hitam dengan tulisan "5cm" lah yang mempesona aku tanpa aku mengambilnya dan membaca sedikit sinopsisnya.Yupz, yang ku lakukan hanyalah melihatnya dan terpesona oleh desain cover dan berlalu begitu saja.

Hingga akhirnya mata ini terbuka dan tangan tergerakan oleh hati dan otak ketika Uli waktu di toko buku sibuk cari rak yang ada novel + komik 5cm buat bikin status di fb yang qoutenya isnya begini:

Semua mimpi-mimpi kamu, cita-cita kamu, keyakinan kamu, apa yang kamu mau kejar, taruh disini, di depan kening. Biarkan dia menggantung, mengambang, 5 centimenter di depan kening kamu.
Biarkan keyakinan kamu, 5 centimeter menggantung mengambang di depan kening kamu, dan sehabis itu yang kamu perlu cuma kaki yang berjalan lebih dari biasanya, tangan yang berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat ke atas.
Yang bisa dilakuakan seorang makhluk bernama manusia terhadap mimpi-mimpi dan keyakinan adalah mereka hanya tinggal mempercayainya.

Dan akupun spontan keluar,mang cerita bagus mbok? uli jawab bagus, baca ajah. Mang bahasanya gimana? mudah di mengerti kok, bahasa sehari-hari kayak anak muda, kalaupun ada, ya sedikit lah.Nah, kenapa aku tanya bahasa di novel, because of kadang aku gak suka dengan bahasa tingkat tinggi, kayak karya misal Andrea Hirata, Dee atau yang lain. Menurut aku ya, amat sangat bosan dengan bahasa yang menurut aku sekali lagi menurut aku kaku. YUPZ... dengan kata lain aku akan baca novel jika cerita itu menarik dan bahasanya bisa di cerna otakku #hahaha.

Nah, berawal status facebook uli inilah, akhirnya aku dipinjami buku 5cm nya Mbak Niken, mbaknya Uli buat aku baca.Dan apa yang kalian tahu? GILAK sekali baca rasanya udah kayak dibawa ke dalam cerita dan sumpah nagih gak mau berhenti baca suweeer (*___*)v

Cerita yang berawal dari sebuah persahabat dimana ada 5 orang yaitu Genta, Zafran, Ian, Riani, dan Arial.Mereka memutuskan untuk break dulu dah kumpulnya selam 3 bulan kurang lebih terus nantinya mereka akan ketemu lagi geto. WOW...keren aku bilang dan pada ketika mereka berpisah sendiri-sendiri, cerita bagian Ian lah yang amat sangat GUEEEEHH banget saat ini.

Ian adalah mahasiswa tingkat akhir dimana tinggal skrispi doang kayak aku (^__^).Nah, selama masa break kumpul mereka, Si Ian keren banget sumpah bisa ngerjain skripsi tanpa tiduk semua waktunya untuk skripsi. Wisuda untuk hadiah temen-temanya nanti saat kumpul kembali,dan qoute ini lah amatlah bisa buat semangat kamu yang lagi skrispi. Kayak gini neh dialog si dosen dan Ian :

Dosennya Ian : " Kamu SD berapa tahun nak?".
Ian : " Enam tahun Pak. Emang kenapa pak?".
Dosen Ian : "Kalau kamu menyelesaikan kuliah kamu enam tahun, berarti otak kamu, otak anak SD !

Nah lo, makjleb bukan buat aku, 
"Ya ALLAH ijinkan aku lulus pendadarn dan yudisium bulan depan tahun ini. Aamiin."

Oke sekarang mulai di sisipin ya, kalo novel ini telah difilmkan kayak yang aku omongin di depan tadi.

Masa break mereka telah habis hingga akhirnya ada sms dari Genta buat mereka nyiapin kebuthan buat naik gunung buat 3-5 hari kalo gak salah dan mereka berkumpul di Stasiun yang terkenal di Jakarta. 

(Dari sini akau aku kasih foto behind the scene yang aku dapat dari bebrapa akun jejaring social kayak di @5cmthemovie,  Fan Page "5cm" dan Thread di Kaskus)


Zafran, Riani, Genta at Stasiun |Copyright foto by "5cm"

Upz, kenalin cast di filmnya dulu ajah dech sebutin, sebelum sinopsinya mumpung ada fotonya. Oke Dari foto yang ada dulunya Herjunot Ali berperan sebagai Zafran (aku setuju banget because cucok bnget dah bang Junot ama karakter Zafran di bayangan aku), Raline Shah sebagai RianiFedi Nuril sebagai Genta ( ehm...beda sapa bayangan aku, tapi not bad), Igor Saykoji sebagai Ian (sama kayak otak aku kalo di filmkan dia kayaknya pas (^_^)v). Denny Sumargo sebagai Arial dan Pevita Pearce sabagai kembaran Arial, Dinda.

Nah mereka ceritanya mau naik gunung di daerah Jawa Timur yaitu Semeru. Meraka naik kereta ekonomi dengan alasan si Genta supaya kita bisa melihat sisi lain kehidupan di Indonesia ini. Cerita selama perjalan di kerata ini juga sangat aku sukai, banyak banget yang bikin aku WOW!!! iya iya, bener juganya, what, dsb.

Hingga akhirnya mereka sampai tempat yang bakal penuh dengan sebuah pelajaran, kenangan, dan semuanya. Sinilah awal ceritanya yang mendebarkan banget. So wajib baca novelnya kalo emang kamu suka daki gunung, kebesaran Sang Pencipta, LOVE INDONESIA, persahabatan dan tentunya pengalaman. 

Nah, ceritanya sampai sini biar pada penasaran buat baca, sekarang aku kasih BTS-nya atau Behind The Scene Film 5 cm ini. Cekidot___-


Menuju Puncak Mahameru *pengen | copyright photo "5cm"



Argggghhh Bang Junot | copyright photo "5cm"






Keren banget DOP-nya *Jempol | copyright photo "5cm" 





Adegan Genta sama Riani saat mengutarakan isi hati? | copyright photo "5cm"





Tanjakan Cinta? Juple emang telah menanjakan cintaku padanya :p | copyright photo "5cm"



Adegan yang mendebarkan untuk mencapai puncak Mahameru | copyright photo "5cm"



owh... so sweet Juple :* | copyright photo "5cm"

Foto-foto ini aku ambil di Fans Page "5cm" di Facebook sedang offical twitternya di akun @5cmthemovie. Sedangkan foto berikut ini adalah foto-foto hasil browsing aku waktu pengentahu bang Junot main film ini. Ternyata untuk membuat film ini sang penulis Dony Dhirgantoro dengan akun @Donny5cm di twitter telah survey ke Semeru dulu pada tahun 2009 yang lalu. Aku mengetahuinya dari akun facebooknya yang gak mungkin aku add kan pasti banyak antrian request friend banyak banget.Untungnya saja album dimana dia survey gak dia privacy kayak punya aku,ini adalh salah satunya view hasil surveynya (maaf kang Donny, minta ijin fotonya ya tampil di blog aku) 


Perjalanan Survey | copyright photo by @FB Dony Dhirgantoro


Kenapa dari sekian banyak foto survey aku milih ini, karena aku ingin bercerita lewat foto Kang Donny ini "Bahwa jalan itu masih panjang, masih banyak cerita yang bisa kau tulis atau kau gambar dalam buku kehidupan, so janganlah putus asa di keterpurukan, ketidakadilanmu sekarang". Kalau foto-foto yang lainseh di sini di facebook-nya sang penulis(sekali lagi maaf belum ijin minta fotonya ^_^v).

Kalau ini baru foto-foto behind the scene-nya 5 cm The Movie yang aku dapat dari sebuah thread di Kaskus (makasih gan, atas foto-foto di balik layar ini ^_^,ijin tampil di blog aku juga ya^.^v).Berikut foto-fotonya :


T.O.P buat para kru-nya |copyright photo at Kaskus



Para Porter yang bantuin 5 cm The Movie  | copyright photo at Kaskus



Para kameramen , tepuk tangan buat dop-nya ah | copyright photo at Kaskus 



Jadi pengen camping lagi :( | copyright photo at Kaskus



Fedi Nuril ketika berbincang ma Bang Junot | Copyright photo at Kaksus



Aku Bukan Aku kalau lagi pandang kamu bang Junot :* | copyright photo at Kaskus



Igor Saykoji sama siapa gak tahu aku #hehe |copyright photo at Kaskus 



Bang Junot walupun senyum agak terpaksa krn kata-kata chesss tetep ganteng | copyright Kaskus



WOW !!! Pevita ajah udah sampai puncak Mahameru, AKU? pasti BISA donk | copyright Kaskus  



hehehe...tuh model rambut apa ya? | copyright Kaskus



New Cover BOOK 5cm n Poster Movie?




Sedikit cerita ya, artikel di kaskus ini bilang kalau syuting ini emang bener-bener naik gunung semua cast dan kru naik sampai Mahameru. Wow ...SALUT KEREN BANGET !!!. Terlepas dari itu pastinya para porter juga berjasa banyak di film ini.



Dan ... end Qoute 5cm :

"Tanggal 17 Agustus, di puncak tertinggi Jawa, 5 sahabat, 2 cinta, sebuah mimpi mengubah segalanya"

So, aku udah gak sabar buat nunggu 12.12.12, semoga filmnya setidaknya hampir mirip apa bayangan aku dah.

Untuk para narasumber photo thanks you so much ^_^v.
Thanks you so much juga buat simbok Uli my best friend yang udah recommend buku ini :*

Waiting 5cm The Movie :*. 
See you 


*http://missrisna.blogspot.com

FUTURE
PAST